Selasa, 22 Maret 2011

TIPS MERAWAT BURUNG ANIS KEMBANG

Perawatan trotolan harus rutin dan cari yang tepat dari soal memandikan, makanan, ef tempat mengantang kandang dan penjemuran. Banyak trotolananis merah yang lama bunyi karena perawatannya tidak benar.
Tips perawatan burung anis
Untuk menghidari resiko mendapatkan trotolan anis merah cewek, bagi pemula disarankan membeli di penangkar anis merah atau di kios reverensi dari teman dekat dan sudah ada bukti keberhasilannya.
Tungkai kakinya jangan terlalu panjang, ukuran yg pendek lebih meyakinkan.
Kadang anis merah trotolan di gabung dalam 1 kandang besar dengan jumlah sampai 20 ekor. Pilih salah satu yg paling dominan menguasai tempatnya, apabila ada yg dekat dng dia langsung di usir atau di patok. Kalau istirahat angkat satu kaki kalau tidak itu merupakan salah satu ciri cewek.
Pada dasarnya extrafooding (ef) itu merupakan makanan tambahan yang kita berikan kepada burung sehingga burung kita tidak hanya makan pur dan minum saja, seperti layaknya manusia butuh makanan 4 sehat 5 sempurna.
Hanya saja kebutuhan burung akan ef ini tidak akan kita berikan semua jenis ef dalam waktu yang sama karena tidak baik untuk kemajuan kondisi burung tsb. Sebelum ef dan buah yang akan kita berikan, ada baiknya kita pelajari dahulu burung kita itu lebih suka yang mana..?? Dan khasiatnya lebih cocok dikasih apa..??
Pada akhirnya fungsi dari ef pada burung adalah membuat burung kita tetap sehat dan selalu dalam kondisi yang vit (stabil) dan sebagai info tambahan saja ada beberapa kicau mania terutama saya pribadi beranggapan bahwa:
1. Untuk gacor = kasih kroto
2. Untuk naikkan birahi/teler = kasih cacing, ulat pisang
3. Untuk naikkan power = kasih jangkrik
4. Untuk peredam birahi = kasih ulat bambu
Dan ulat hongkong berguna menaikkan suhu tubuh diwaktu musim hujan.
memprediksi gaya teler anis merah berdasarkan katuranggan :
1) kalau yang doyong atau semi doyong umumnya badannya ramping-ramping dan cenderung panjang.
2) yang nungging biasanya kondisi biasapun ekornya agak naik dan biasanya burungnya agak kecil dengan badan yang agak buntek (pendek).
3) yang buka ekor biasanya dalam keadaan biasapun cenderung ekornya main/buka-buka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar